CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

     

Trik Membaca Cepat dan Mudah Memahami Apa Yang Sudah di Baca

membaca cepat

Sekilas saja tentang membaca merupakan sebuah kegiatan yang sangat sepele. Padahal sebenarnya membaca itu sendiri membutuhkan keterampilan sendiri. Memang semua orang sepertinya bisa membaca. Mulai dari anak-anak TK, Smp, Sma, dst sudah jelas-jelas juga bisa membaca. Akan tetapi, hanya sedikit orang yang bisa membaca dan langsung bisa memahami apa yang telah baru ia baca tersebut.

Orang yang membaca tentunya memiliki tujuan, akan tetapi juga hanya ada yang sekedar iseng, mencari hiburan, mencari inspirasi, sampai untuk belajar pasti membutuhkan membaca. Walaupun meliki tujuan yang berbeda-beda tapi tentunya semua orang yang membaca ingin memahanmi materi bahan yang dibacanya.

Semua orang juga berbeda-beda ada yang bisa memahami dengan cepat, ada juga yang sangat sulit untuk memahami materi yang telah ia bacanya. Orang yang mudah memahami bahan bacaan biasanya karena membaca bacaan yang disukainya misalnya saja membaca buku cerita, novel yang disukainya. Tapi berbeda juga dengan bahan bacaan mengandung unsur pelajaran maka akan lebih sulit untuk memahaminya. Namun ada juga orangtua yang menuntut anaknya agar bisa memiliki keterampilan membaca yang baik dan cepat untuk memahami.

Nah point dari pembahasan ini yaitu memberikan beberapa trik-trik membaca cepat yang mampu mudah memahami apa yang dibaca. Tapi sebelumnya kalian harus paham dahulu bagaimana sih membaca cepat itu? Membaca cepat adalah sebuah teknik mmbaca dengan memperhatikan tujuan dari membaca bahan bacaan itu sendiri dengan cepat dan mudah. Jadi teknik membaca cepat  ini juga perlu dipelajari , namun bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya butuh niat dan kemauan yang kuat untuk bisa menguasainya.

Trik-trik mudah memahani bahan bacaan yaitu sebagai berikut:

  1. Ketahui dahulu tujuan dari anda membaca bahan bacaan tersebut.

Pastinya setiap orang yang melakukan sesuatu dengan tujuan khusus pasti akan lebih mudah melakukannya. Demikian pula dengan kegiatan membaca. Bahan bacaan akan lebih mudah dipahami jika kalian sudah mengetahui tujuan kalian membaca. Dengan mengetahui tujuan kalian membaca, maka otak kalian akan lebih fokus pada bagian-bagian bacaan yang memang harus kalian pahami dan diingat. Kalian bisa membantu otak dengan memberikan tanda pada bagian-bagian yang menurut kalian anggap penting. Misalnya, dengan menggaris bawahi bacaan yang penting dengan pensil berwarna.

  1. Baca sekilas terlebih dahulu bacaan yang akan kalian pahami.

Kadang-kadang beberapa informasi bisa didapatkan tanpa harus membaca keseluruhan isi bacaan tersebut. Bahkan, informasi-informasi yang penting biasanya juga dapat diperoleh hanya dengan membaca sekilas.

Membaca sekilas disini maksudnya adalah hanya membaca bagian-bagian tertentu , misalnya bagian awal bacaan,  gambar, foto, tabel atau grafik yang terdapat dalam bacaan tersebut.

Dengan hanya membaca sekilas tentu akan lebih menghemat waktu untuk membaca dibandingkan dengan membaca keseluruhan isi dari baacaan. Selain itu, membaca juga akan menjadi lebih efektif karena hanya membaca bagian-bagaian yang dibutuhkan saja.

3. Membacalah dalam suasana yang mendukung.

Maksudnya adalah membacalah dalam situasi yang memang benar-benar kondusif, karena kegiatan membaca itu sangat membutuhkan ketenangan. Dengan cahaya yang cukup dan pastinya dengan suasana yang mendukung.

Sebaliknya jika membaca dalam situasi yang tidak mendukung, misalnya saja dalam kurangnya cahaya, atau banyak gangguan situasi ramai tentu akan sangat mempengaruhi daya tangkap kalian dalam memahami suatu bacaan.

  1. Membuat catatan kecil.

Memberikan warna pada bagian-bagian tertentu seperti point yang pertama sangatlah penting dalam memudahkan memahami isi bacaan yang penting. Hal itu mampu membantu kalian untuk mengetahui bagian-bagian apa saja yang dibutuhkan. Kegiatan tersebut juga mampu membantu otak kalian untuk lebih mudah mengingat dan memahaminya,

Namun juga sangat disarankan untuk mencatat bagian-bagian penting yang ditemukan saat sedang membaca. Mencatat juga bisa sekaligus membantu kalian untuk mengelompokkan dari setiap informasi yang kalian temukan saat sedang membaca.

  1. Ingatlah dalam ingatan kalian.

Setelah membaca beberapa halaman dan kalian sudah memahami bagian-bagian penting yang ada dibacaan, cobalah berhenti untuk mengingat-ingat terlebih dahulu dan ungkapkan dalam hati mengenai bagian-bagian penting yang kalian baca dari bacaan tersebut. Atau bisa kalian langsung tulis di secarik kertas/ buku kecil catatan kalian.

Membaca sebetulnya adalah kegiatan yang mengasyikkan. Jika kalian bisa cepat dengan mudah memahami bacaan tentunya kalian juga mendapatkan penilian tersendiri pada diri kalian sendiri.

Jangan lupa baca juga artikel kami lainnya ! Tips-Tips Agar Anak Tetap Semangat Belajar di Masa Pandemi

 

Lutfi Haryanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas