CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

Tips-Tips Agar Anak Tetap Semangat Belajar di Masa Pandemi

semangat belajar

Pandemi Covid-19 telah mengubah banyak hal dalam kehidupan dan sangat dirasakan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak yang tentunya bisa membuat mereka mersasa kebingungan dan menjenuhkan. Padahal masih pada tahap anak-anak mereka sangat membutuhkan perkembangan yang optimal dalam masa kanak-kanaknya dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Normalnya, anak usia dini merupakan dunia anak-anak lebih banyak bermain dengan teman-temannya. Sementara dalam situasi Covid-19, tentunya anak-anak diharuskan lebih banyak berada di rumah. Berbagai kegiatan yang biasa mereka lakukan kini demi terjaganya kesehatan dan keselamatan. Sehingga kegiatan di sekolah pembelajaran di dalam kelas seperti biasa-biasanya juga harus dilaksanakan pembelajaran dari rumah karena adanya salah satu dari dampak Covid-19.

Bukan hanya aktivitas belajar di sekolah yang terkena dampak dari Covid-19 ini, bahkan hampir seluruh aktivitas yang berada di luar rumah dan aktivitas yang menyembabkan kerumunan orang banyak saat ini sebisa mungkin aktivitas dilakukan dari dalam rumah. Sekolah di rumah, bermain di rumah, belum bisa bertemu lagi dengan teman-teman, belum boleh jalan-jalan di luar rumah, belum boleh berlibur di luar kota, dan masih banyak lagi. Bahkan bekerja pun juga harus dilakukan di dalam rumah.

Dimasa pandemi seperti ini pembelajaran di sekolah hanya dapat melakukukan pembelajarannya melalui pembelajaran daring tidak bisa dilakukan pembelajaran seperti biasa-biasanya yang dilakukan tatap muka langsung antara guru dengan murid-muridnya. Semua aktivitas harus di sesuaikan dengan kondisi keadaan alam yang seperti ini. Hal ini tentunya membuat tanggung jawab yang sebelumnya diberikan kepada guru yang berada di sekolah sekarang ini haruslah kembali kepada orangtua mereka masing-masing dalam mendidik anak-anak mereka sendiri. Di masa pandemi seperti sekarang ini, orangtua pun wajib menjadi guru yang terbaik untuk anak-anaknya. Tentunya tidak mudah dan membutuhkan waktu untuk mengajar anak-anaknya belum juga jika orangtua mereka yang harus melaksanakan bekerja dari rumah tentunya orangtua juga harus lebih ekstra dalam membagi waktu antara bekerja dan membantu anak mereka untuk belajar.

Sehingga peran orangtua disini sangatlah penting dalam membantu anak-anaknya untuk mengikuti belajar dari rumah. Oleh karena itu tugasnya sebagai guru dimasa pandemi seperti ini yang tidak dapat memberikan pembelajaran tatap muka seperti bisasanya yang hanya dilakukan dengan jarak jauh guru sebaiknya jangan memberikan tugas yang dapat membebankan anak-anak atau bahkan orangtuanya pula. Pembelajaran yang hanya dapat dilakukan dengan online ada kalanya anak akan merasa jenuh dan tidak mengasyikan karena anak-anak hanya belajar dirumah saja dengan orangtua dan keluarga mereka tidak bisa bertemu dengan teman-temanya seperti di sekolah. Maka dari itu orangtua harus mampu membantu anak-anak dalam penyesuaian diri anaknya di masa pandemi Covid-19 ini.
Orangtualah yang pertama kali membangun semangat diri pada anak-anaknya pada saat berada dirumah terutama pada saat belajar. Anak-anak dirumah diusahakan agar tetap semangat belajar meskipun hanya dapat belajar dari rumah, orangtua harus membuat anak-anak belajar dirumah yang tidak membosankan, menjadikan belajar online yang menyenangkan bagi anak-anak mereka. Lantas bagaimana cara orangtua agar mampu membuat anak-anak tetap semangat belajar dirumah saat masa pandemi Covid-19 ini. Dan tentunya itu semua tidaklah mudah bagi orangtua untuk membuat anak-anak seusianya agar tetap fokus dengan pelajarannya, duduk manis menyimak guru yang sedang menjelaskan pelajaran. Maka dari itu, orangtua haruslah memiliki strategi-strategi belajar agar anaknya tetap semangat, tetap nyaman meskipun belajarnya hanya dari rumah.

Dari uraian diatas maka ada beberapa tips yang dapat diterapkan oleh orangtua pada anak-anaknya agar tetap semangat belajar mengikut pelajaran meski hanya dari rumah saja, diantaranya adalah :

1. Orangtua berusaha menjadikan seisi rumahnya sebagai teman bagi anak layaknya anak berada di sekolah.

Semua isi dirumah bisa digunakan sebagai bahan pembelajaran saat belajar dirumah. Anak-anak tidak melulu disuruh untuk mengerjakan tugas , anak juga bisa diajarkan bagaimana cara berkebun, menanam tanaman, merawat tananaman. Kegiatan yang seperti itu anak akan lebih senang dan bersemangat karena mereka akan terjun langsung praktek dalam berkebun. Meskipun hanya berkebun mereka juga akan mendapatkan ilmu yang diperoleh dari orangtua yang telah mengajarkan bagaimana caranya menanam tanaman, merawatnya harus bagaimana, dan lain sebagainya.

2. Dimasa pandemi seperti ini semuanya bisa di lakukan dengan jarak jauh.

Misalnya orangtua mendongengkan anak secara virtual. Kegiatan virtual seperti ini sudah banyak dilakukan semasa pandemi Covid-19 ini. Biasanya berdongeng hanya dilakukan dengan mendegarkan cerita saja. Beda dengan cara ini mendongeng virtual, anak-anak akan lebih banyak diajak berimajinasi dan pastinya tidak akan membosankan lagi karena tidak hanya mendengarkan, namun anak-anak akan diberikan visualisasinya melalui gambar-gambar untuk membantu tumbuh kembang anak. Bahkan tidak hanya berupa gambar orangtua dapat menampilkan dongeng berupa video dan suaranya juga. Maka anak-anak akan lebih semangat dalam menyimak nilai-nilai penting yang disajikan dalam dongeng dengan menarik.

3. Belajar membuat hasil karya.

Hasil karya itu banyak macamnya bisa berupa gambar, tulisan atau benda yang dapat di jadikan pajangan dirumah. Agar anak termotivasi dengan kegiatan membacanya dari tugas yang telah disampaikan oleh guru melalui pembelajaran online. Orangtua dapat merangsang anak dengan membuat hasil karya yang kreatif dari inti materi pembelajaran saat itu. Karya seni tersebut bisa berupa gambar, atau benda yang dapat dijadikan pajangan dirumah, dipajang di kamar anak itu sendiri, atau dapat ditunjukkan kepada guru dan teman-temannya melalui grup kelas di WhatsApp.

4. Sebagai media belajar.

Disini orangtua dapat menjadikan TV sebagai media belajar itu maksudnya adapun Program TV yang dapat mendidik dengan menonton Program TV cerita anak pasti dalam acara TV tersebut pasti ada hikmah yang dapat diambil oleh anak-anak. Dengan dampingan orangtua anak-anak disuruh orangtua agar dapat mencatat hal-hal baik apa saja yang dapat kita ambil dari cerita anak tersebut. Maka dengan itu anak akan tetap semangat belajar meskipun dengan menonton program TV yang memang betul-betul mendidik anak.
5. Orangtua dapat menyertakan belajar seni yang menyenangkan dirumah dengan anak-anak.

Dimasa pandemi ini orantua akan lebih banyak meluangkan waktunya selama dirumah dengan anak-anak dan orangtua dapat melakukan kegiatan-kegiatan seru yang jarang diterima anak saat berada di sekolah. Misalnya dengan menyanyikan lagu-lagu daerah, lagu-lagu nasional, bahkan bisa menampilkan video menari. Sekarang ini sangat mudah untuk mengakses dengan layanan internet sebagai bahan referensi pemebelajaran dirumah.
Sebagai orangtua, harus bisa menyampaikan pada anak bahwa kegiatan pembelajaran hanya dirumah, menjaga jarak, pola hidup sehat di masa pandemi seperti ini dapat memutuskan penyebaran virus Covid-19.

Nah, itu beberapa tips yang dapat membantu orangtua dalam membuat anaknya agar tetap semangat belajar dirumah selama masa pandemi. Jangan lupa jaga kesehatan, memperhatikan gizi yang harus terpenuhi agar terhindah dari virus Covid-19. Jangan lupa juga kebersihan sikecil ya orangtua yang smart.

Lutfi Haryanti

2 komentar di “Tips-Tips Agar Anak Tetap Semangat Belajar di Masa Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas