CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

Tegangan Arus dan Tahanan – Beda Tegangan

Tegangan tentunya bagi kalian yang penghobi electro ataupun yang menekuni dunia perlistrikan pastikan sudah tidak asing lagi dengan istilah diatas. Namun alangkah baiknya kita mengulang lagi dan memahami apa itu tegangan khusunya Tegangan listrk.

Bagi rekan rekan yang belum membaca artikel kami yang membahas tentang Konsep Dasar Listrik bisa menuju link di bawah.

Konsep dasar listrik Part 1

Oke kita lanjut pembahasan materinya di dalam Wikipedia tegangan listrik di jelaskan adalah perbedaan potensial listrik  antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt. Besaran ini mengukur energi potensial dari sebuah medan listrik yang mengakibatkan adanya aliran listrik dalam sebuah konduktor listrik. Tergantung pada perbedaan potensial listriknya, suatu tegangan listrik dapat dikatakan sebagai ekstra rendah, rendah, tinggi atau ekstra tinggi. Secara definisi tegangan listrik menyebabkan objek bermuatan listrik negatif tertarik dari tempat bertegangan rendah menuju tempat bertegangan lebih tinggi. Sehingga arah arus listrik konvensional di dalam suatu konduktor mengalir dari tegangan tinggi menuju tegangan rendah.

Nha di sini kita akan mencoba membuatnya lebih mudah di pahami kita mulai dengan.

Beda Tegangan

Beda Tegangan atau biasanya kita menyebutnya Beda Potensial adalah gaya yang menimbulkan aliran arus listrik dalam rangkaian listrik.

Beda tegangan

Jika sistem listrik dibandingkan dengan sistem hidrolik, maka beda tegangan yang dimaksud di sini ekuivalen dengan selisih ketinggian antara tangki A dan tangki B . Semakin besar beda tingginya, semakin banyak pula aliran airnya.

Simbol yang digunakan untuk menunjukkan Beda Tegangan adalah V dan satuannya adalah volt.

Polaritas sumber tegangan menentukan arah aliran arus listrik dalam rangkaian, dan besarnya tegangan yang dicatu akan menentukan besarnya arus yang mengalir.

Jika sistem listrik dibandingkan dengan sistem hidrolik, maka tegangan listrik ekuivalen dengan Tekanan.

Dan perlu di ingat satuan tegangan adalah V atau Volt.

Nha mungkin untuk pembahasan awal pengenalan tentang tegangan cukup sanpai disini dulu, selanjutnya kita akan membahas tentang Arus Listrik

Dengan membaca artikel diharapkan sobat semuanya bisa memahami dan mendefinisikan istilah beda tegangan atau beda potensial..

Mungkin dari sobat sekalian ingin menyempurnakan ataupun mendiskusikan materi ini bisa tulis di komentar. Dengan berdiskusi kita akan semakin paham dengan apa yang kita diskusikan..

Jangan lupa baca artikel kami yang lain terimakasih dan lanjut ke part berikutnya

Guru Profesional

 

Ridwan Ridwan

Satu komentar di “Tegangan Arus dan Tahanan – Beda Tegangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas