CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

     

Sumber Belajar – Bahan Ajar beserta Perbedaanya

Okee next guys dalam pembahasan sembelum dan sebelumnya lagi kan kita telah membahasas media-media pembelajaran, semoga kalian sudah membacanya dan bonusnya lagi kalau kalian sudah paham semua dengan materi sebelumnya yang telah kita bahas.

Dalam media pembelajaran telah membahas macam-macam media pembelajaran itu apa saja sih? Singkat saja kita akan mengulang 1 saja media pembelajaran berbasis cetak contohnya kan seperti gambar, grafik, poster, majalah terkait dengan contohnya saja sudah jelas itu semua merupakan sebuah sumber belajar.

Sebelum lanjut pembahasan yuk baca artikel kami yang lainnya

Dalam kegiatan penyusunan perangkat pembelajaran sering dijumpai istilah bahan ajar ataupun sumber belajar, sepintas kedua istilah tersebut sering dianggap memiliki pengertian yang sama. Ada dua istilah yang sering digunakan untuk tujuan yang sama, akan tetapi sebenarnya memiliki pengertian yang berbeda.

Agar lebih jelasnya mari kita mengetahui pengertiannya sumber belajar dan bahan ajar terlebih dahulu.

1.  Pengertian Sumber Belajar

Sumber Belajar

 

Sumber Belajar menurut Sitepu (2014) merupakan salamh satu kompenen dalam kegiatan belajar yang memungkinkan individu memperoleh pengetahuan, kemampuan, sikap, keyakinan, emosi, dan perasaan. Sumber belajar memberikan pengalaman belajar dan tanpa sumber belajar maka tidak mungkin dapat terlaksana proses pembelaajaran yang baik .

Menurut Musfiqon (2012) sumber belajar adalah segala macam sumber yang ada di luar diri siswa yang keberadaanya memudahkan terjainya proses belajar.

Berdasarkan pengertian diatas, dapat saya simpulkan bahwa sumber belajar adalah segala macam komponen belajar yang berupa data, gambar, tulisan, bahkan wujud tertentu yang berasal dari luar diri siswa yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Baik itu secara terpisah maupun digabungkan penggunaanya dalam kepentingan belajar dengan tujuan meningkatakn aktivitas dan efisien dalam pembelajaran.

2. Jenis sumber belajar

  • Tempat atau lingkungan alam sekitar, yaitu tempat seorang dalam melakukan belajar atau proses perubahan tingkah laku seorang siswa dalam melakukan belajar. Misalnya perpustakaan, pasar, gunung, sungai, taman, sawah, dan masih banyak lainnya.
  • Benda yaitu segala benda yang digunakan seorang anak dalam proses terjadinya perubahan tingkah laku, maka benda itu dapat dikatakan sebagai sumber belajar. Misalnya kayu, buku, kertas, gambar, tas, payung, meja, dan lain sebagainya.
  • Orang, yaitu siapa saja yang memiliki keahlian tertentu sehingga sehingga seorang anak dapat belajar dari orang tersebut maka dapat dikategorikan sebagai sumber belajar. Misalnya guru, polisi, satpam, dokter, dan ahli lainnya.
  • Bahan yaitu segala sesuatu berupa tertulis, cetak, rekaman elektronik bisa dikatakan sebagi sumber belajar.
  • Buku yaitu segala macam buku dapat dibaca sendiri mandiri ataupun bersama-sama sehingga dapat diakatakan sebagai esumber belajar karena dapat memberikan informasi/ pengetahuan kepada peserta didik. Misalnya buku pelajaran, buku cerita, kamus, dan lainnya.
  • Peristiwa kerusuhan bencana peserta didik dapat mengambil hikmah dari adanya kejadian peristiwa, bencana lainnya.

3. Pengertian Bahan Ajar

Bahan Ajar

Bahan ajar merupakan bagian dari sumber belajar. Jadi bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan guru dalam membantu guru dalam melaksanakan belajar mengajar. Bahan disini yang dimaksudkan adalah baik bahan tertulis ataupun tidak tertulis.

Bahan ajar merupakan seperangkat materi/ pembahasan yang disusun secara sistematis sebagai pendukung utama dalam sumber belajar yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Bahan ajar memungkinkan peserta didik dalam mempelajari suatu kompetensi atau KD yang harus ditempuh secara utuh dan sistematis sehingga mampu menguasainya kompetensi secara utuh dan padu.

4. Macam Bahan Ajar

Bentuk macam bahan ajar dapat dikelompokkan menjadi 4 yaitu (Diknas, 2004):

  • Bahan cetak (printed) seperti buku, modul, lembar kerja siswa, brosur, pamflet, foto/ gambar, model/maket.
  • Bahan ajar dengar (audio)seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio.
  • Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film.
  • Bahan ajar interaktif (interactive teaching material) seperti compact disk interaktif.

  5. Perbedaan Sumber Belajar dan Bahan Ajar

Perbedaan Sumber Belajar dan Bahan Ajar

6. Contoh-contoh Sumber Belajar dan Bahan Ajar

Contoh Sumber Belajar dan Bahan Ajar

Terima kasih sobatku telah menyempatkan membaca artikel kami. Kali ini cukup sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan, tunggu pembahasan-pembahasan kami selanjutnya. Tetap semangat sobatku.

Dan jangan lupa baca artikel kami lainnya ya

Lutfi Haryanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas