CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

     

Mengenal Strategi Pembelajaran dalam Belajar Mengajar

Hallo sobatku, bagaimana dengan kabar kalian ? Semoga kalian baik-baik saja ya. Next mari kita lanjut pembahasan lagi, jangan bosan-bosan untuk terus membaca artikel kami ya sobatku. Kali ini saya akan membahas tentang Strategi Pembelajaran. Pastinya kalian semua penasarankan apa sih strategi pembelajaran itu? dan apa saja strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar itu? Yuk langsung saja mari kita bahas.

Eits tapi jangan lupa juga baca artikel kami lainnya ya sobatku agar pengetahuan kalian bertambah.

Strategi Pembelajaran

 

1.Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran menurut  Hamka Abdul Aziz (2016) adalah keseluruhan metode dan prosedur yang menitik beratkan pada kegiatan siswa dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan tertentu.

Wina Sanjaya (2009) juga berpendapat strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Ada pula strategi pembelajaran menurut Suparman adalah perbaduan dari luar kegiatan dan cara pengkondisian materi pelajaran, anak didik, media atau peralatan, bahan dan waktu yang digunakan ketika dalam proses pembelajaran untuk mencapai suatu tujuan.

Nah maka dari itu dari beberapa defisini teori diatas, dapat disimpulkan bahwa dasar hakikatnya Strategi Pembelajaran adalah suatu cara yang akan dipilih dan digunakan oleh seorang guru untuk menyampaikan materi pembelajaran, sehingga akan memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi pembelajaran serta tujuan pembelajaran dapat dikuasai oleh siswa pada akhir kegiatan belajar mengajar.

2. Strategi Pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa macam yaitu: 

a. Strategi Pembelajaran Langsung (direct instruction)

Pada strategi ini merupakan pembelajaran lebih banyak diarahkan oleh guru. Strategi ini bersifat efektif untuk memberikan informasi dan mampu membangun keterampilan guru dari tahap demi tahap. Biasanya guru menyampaikan materi dengan mendemonstrasikan secara langsung kepada peserta didik sehingga dapat dilihat umpan balik dari peserta didik yang diberikan kepada guru akan langsung terlihat.

b. Strategi Pembelajaran Tidak Langsung (indirect instruction)

Pada strategi ini umumnya lebih diutamakan pada peserta didik walaupun sebenarnya strategi pembelajaran langsung dan tidak langsung itu dapat saling bergantung sama lain agar dapat berjalan sesuai keinginan. Tapi strategi pembelajaran ini guru beralih hanya menjadi fasilitator awalnyakan guru berperan menjadi penceramah yang utama dalam belajar mengajar. Mengapa bisa seperti itu? karena seorang guru harus mampu mengelola kondisi kelas belajar ketika didalam kelas dan guru mampu memberian kesempatan kepada peserta didik untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran.

c. Strategi Pembelajaran Interatktif

Dalam strategi pembelajarn interaktif ini dalam proses pembelajaran lebih menekankan pada diskusi kelompok dengan adanya sharing antara guru juga dengan peserta didik. Karena dengan adanya diskusi dan sharinng dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk berpendapat atas pengetahuan, pengalamannya peserta didik serta mampu membentuk karakter siswa yang lebih aktif.

d. Strategi Pembelajaaran Mandiri

Strategi pembelajaran mandiri merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membentuk karakter dari setiap individu peserta didik, kemandirian dan peningkatan diri. Strategi ini lebih berfokus pada perencanaan belajar mandiri yang dilakukan oleh peserta didik namun masih tetap dengan bantuan serta pengawasan dari guru. Maksudnya dari belajar mandiri ini adalah pembelajaran dapat dilakukan dengan teman sebayanya atau dibentuk menjadi beberapa kelompok kecil.

Itulah dari beberapa macam klasifikasi strategi pembelajaran yang saya jelaskan dalam artikel kali ini. Sebenarnya masih banyak strategi pembelajaran yang lainnya.

Dan cukup ini dulu pembahasankali ini yang saya sampaikan , tunggu pembahasan artikel kami lainnya ya sobatku.

Baca juga artikel kami lainnya

Lutfi Haryanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas