CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

Membuat Karya Ilmiah yang Baik dan Benar Bagi Pemula

karya ilmiah

Dalam artikel kali ini kalian akan belajar tentang bagaimana cara membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar tentunya. Bagi anak kuliah yang  pasti dituntut harus bisa membuat karya ilmiah yang berupa skripsi. Tapi biasanya setiap kampus memiliki pedoman pembuat skripsi yang berbeda, akan tetapi sebenarnya hanya saja penempatan atau istilahnya saja yang berbeda sebenarnya maksud dan tujuannya sama saja.

Dalam artikel ini akan dibahas tuntas tentang bagaimana sih membuat karya ilmiah yang baik dan benar itu?

Sebelumnya kalian harus mengerti Pengertian Karya Ilmiah menurut KBBI merupakan sebuah karya tulis yang dibuat dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah yang berdasarkan data dan fakta.

Karya ilmiah bertujuan memaparkan hasil penelitian dengan memenuhi kaidah keilmuan yang telah dilakukan seseorang atau sebuah tim peneliti.

Hasil dari karya ilmiah berupa data, informasi, atau simpulan yang dapat dijadikan acuan bagi orang lain untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Untuk menulis sebuah karya ilmiah yang baik dan baik tentunya diperlukan penyusunan yang baik pula.

Adapun Struktur membuat Karya Ilmiah yang baik dan benar menurut versi artikel ini yaa:

(Bagian Awal)

  1. Halaman judul/ cover
  2. Halaman pengesahan
  3. Kata pengantar
  4. Daftar isi
  5. Pendahuluan

(Bagian Pendahuluan)

  1. Latar belakang
  2. Rumusan masalah
  3. Tujuan
  4. Manfaat

 (Bagian Inti)

  1. Tinjauan pustaka
  2. Metode penelitian
  3. Pembahasan/ Hasil penelitian

(Bagian Akhir)

  1. Penutup
  2. Kesimpulan & Saran
  3. Daftar pustaka
  4. Lampiran

Nah setelah kalian mengerti struktur penulisan karya ilmiah seperti diatas, kalian juga harus tau bagaimana cara membuat karya ilmiahnya itu sendiri:

Tahap ke-1 : Persiapan

  1. Pemilihan topik

Memilih topik atau pokok pembahsan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembuatan karya ilmiah. Karena pokok pembahasan itulah yang akan kalian bahas dan yang kalian kaji dengan kaidah-kaidah keilmuan yang harus di dasarkan dengan fakta yang bersifat keilmuannya.

Dalam penulisan karya ilmiah yang harus diutamakan yaitu hasil data fakta yang telah kalian teliti pada saat melakukan penelitian dan yang harus kalian dapatkan informasi saat penelitian.

Dalam memilih topik kalian harus bisa memilih topik yang jelas dan spesifik agar mempermudahkan kalian dalam proses penelian nantinya

  1. Mengidentifikasi pembaca karya ilmiah

Sebenarnya sudah menjadi kewajiban pembuat karya ilmiah yang harus memuaskan kebutuhan pembaca akan informasi yang telah kalian tulis nantinya di karya ilmiah. Maka dari itu kalian harus menentukan dulu siapa target pembaca karya ilmiah kalian.

Hal tersebut harus kalian pertimbangkan, agar karya ilmiah yang kamu buat bisa tepat sesuai sasaran yang kalian tulis. Mampu bermanfaat bagi sipembaca.

  1. Menentukan cakupan isi materi karya ilmiah

Cakupan materi adalah jenis dan jumlah informasi yang akan kalain sajikan dalam pembahasan karya ilmiah.

Hal ini penting dilakuan agar kalian lebih mudah dalam mencari atau mengumpulkan bahan referensi atau buku panduan kalian serta mempermudah kamu dalam pengumpulan data.

Tahap ke-2 : Pengumpulan Informasi

  1. Mencari bahan referensi

Untuk mencari bahan refensi, kalian bisa menggunakan berbagai media, baik media cetak, media gambar, atau pun media online pun bisa kalian gunakan sebagai bahan referensi. Tidak hanya saja dari media kalian juga bisa memperoleh informasi dari suatu keadaan atau kejadian yang kalian lihat.

Untuk media cetak sangatlah mudah kalian dapat mengambil informasi dari beberapa buku yang bisa kalian dapatkan dari berbagai perpustakaan. Carilah buku dengan judul dan nama  penulis yang jelas serta relevan dengan topik kalian. Sedangkan media online bisa kalian dapat dari berbagai jurnal ilimiah, e-book, dan  lain sebagainya.

Manusia juga bisa kalian gunakan sebagai referensi misalnya saja kalian bisa mewawancarai seseorang dalam kalian mencari informasi.

  1. Memeriksa bahan pustaka

Setelah bahan referensi terkumpul, jangan lupa untuk memeriksa kembali bahan-bahan informasi yang telah kalian peroleh tentunya.

  1. Membuat ringkasan

Setelah yakin dengan bahan referensi yang telah kalian pilih, buatlah beberapa ringkasan tentang bagian-bagian yang menjadi pokok dalam pembahasan karya ilmiah kalian.

Ringkasan ini akan sangat mempermudah kalian dalam mengambil inti pokok dari bahan referensi yang kalian gunakan nantinya.

  1. Membuat daftar kutipan

Selain membuat ringkasan, kalian juga harus membuat daftar kutipan dari referensi yang telah kalian peroleh.

Daftar kutipan harus sama persis dengan pernyataan yang kalian peroleh dari sumber informasi tersebut.

Tahap ke-3 : Penulisan

  1. Penulisan catatan

Setelah kalian memilih topik yang sesuai dan sudah mengumpulkan referensi yang cukup, sekarang saatnya kalian untuk menulis dalam sebuah informasi yang kalian jadikan karya tulis ilmiah kalian.

Tulislah ide-ide yang kalian miliki secara acak dahulu. Tulis dengan bahasa kalian dan tentunya harus sesuai dengan topik yang telah kalian pilih.

  1. Melakukan revisi

Lakukanlah perbaikan dari ide-ide yang telah kalian tulis dalam hasil karya ilmiah kalian. Agar karya ilmiah kalian lebih terstruktur dan sistematis.

Kalian juga bisa meminta masukan dari teman-temanmu tentang hasil karya tulis ilmiah tentunya.

Tahap ke-4 : Evaluasi

Tahap ini merupakan tahap terakhir dalam pembuatan karya ilmiah kalian.

Pertama, cek ulang semua isi dari karya ilmiah kalian buat sudah sesuaikan dengan topik yang kaliah pilih, pengecekan ini sangat bermanfaat agar karya ilmiah kalian lebih mantap dari segi format penulisannya, susunannya telah benar kah sudah dan sudah sesuaikah dengan topik pembahasan kalian.

Seperti itulah tahapan-tahapan dalam membuat karya ilmiah versi artikel kami, semoga bisa membantu. Jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya !

Lutfi Haryanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas