CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

Macam-Macam Media Pembelajaran Beserta Prinsip Penggunaanya

Sobat tercintaku jangan bosan-bosan untuk terus membaca artikel kami, agar kami tetap semangat dalam berkarya.

Sebelumnya kita telah membahas tentang Model-Model Pembelajaran. Pastinya guru dalam proses pembelajaran membutuhkan perangkat/ pendukung lainnya agar pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efesien.

Cek artikel kami yang lainnya

Maka dari itu mari kita next dengan pembahasan tentang Macam-Macam Media Pembelajaran Beserta Prinsip Penggunaanya. Baiklah sobatku kita akan membahas secara lebih jauh tentang media pembelajaran mulai dari pengertian media pembelajaran, tujuan media pembelajaran, macam-macam media pembelajaran, prinsip penggunaan media pembelajaran, dan contoh media pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran

Media Pembelajaran adalah segala sesuatu alat  bantu atau media yang digunakan untuk membantu merangsang pikiran, perasaan, kemampuan dan perhatian peserta didik dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Media pembelajaran tersebut dapat berupa alat ataupun bahan mengajar yang digunakan guru.

Tujuan Media Pembelajaran

Tujuan dari adanya media pembelajaran antara lain:

  1. Membantu guru dalam menyampaikan materi.
  2. Membantu peserta didik untuk lebih mudah dalam pemahaman materi yang sedang dipelajari.
  3. Membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesien.
  4. Membuat suasana kelas menjadi lebih hidup dengan adanya alat/ perangkat bantu yang digunakan guru.
  5. Membuat pembelajaran di kelas lebih bermakna.

Macam-Macam Media Pembelajaran beserta Contohnya

Sebenarnya macam-macam media pembelajaran itu memilik banyak macam-macam media pembelajaran berdasarkan fungsi, maupun bentuk kesulitan dalam menerapkan media pembelajaran yang telah di dapat dari berbagai sumber misalnya dari intermnet, buku-buku tentang media pembelajaran.

Berikut beberapa mengenai macam-macam media pembelajaran yang akan saya bahas dan bisa digunakan referensi guru dalam penerapannya dalam proses pembelajaran di kelas agar pembelajaran tidak membosankan.

  1. Media pembelajaran berbentuk cetak

Media cetak

Media pembelajaran berbentuk cetak adalah jenis media yang digunakan dalam proses pemebelajaran yaitu terbuat dari kertas atau hasil yang di print out, koran, majalah dan sebagainya yang digunakann guru dalan membantu agar tercapainya materi yang disampaikan.

Beberapa contoh media cetak yang biasa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar antara lain: buku penunjang seperti peta, peta konsep, berita yang ada di koran, lukisan, poster, kartu kosakata dan lainnya.

  1. Media pembelajaran berbentuk audio

Media audio

Media pembelajaran berbentuk audio merupakan media pembelajaran yang sangat membantu baik guru maupun peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar. Karena apa media audio dapat memfokuskan pada suara/ pendengaran. Media ini biasanya digunakan dalam mata pelajaran bahasa. Selain pada kegiatan pembelajaran media audio juga bisa dimafaatkan pada kegiatan ekstrakurikuler misalnya seni suara, seni musik, seni tari, seni koputer, dan lainnya.

Beberapa contoh media audio yang biasa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar antara lain: kaset, tape recorder, semua alat musik, salinan lagu, dan sebagainya.

  1. Media pembelajaran berbentuk audio-visual

Media visual

Media pembelajaran audio-visual merupakan media yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar adalah media yang dapat mencakup indera pendengaran sekaligus penglihatan. Media ini sangat menarik minat peserta didik dalam belajar karena biasanya guru akan menayangkan sebuah video sehingga pembelajaran tidak akan membosankan.

Beberapa contoh media audio-visual yang biasa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar antara lain: televisi, rekaman video, film, youtube, video pendek, video tutorial, dan lainnya.

Meski terkesan asyik  dan lebih kekinian dalam pembelajaran guru tidak boleh cuma ikut-ikutan harus bisa bijaksana dalam penggunaan media pembelajarn guru juga harus profesioanl dalam mengajar dan benar-benar paham  serta mampu menyusun pembelajaran yang efektif dan efisien, karena hakikatnya media pembelajaran merupakan alat bantu dalam mengajar.

  1. Media pembelajaran berbasis digital

Media digital

Media pembelajaran berbasisis digital merupakan media yang digunakan guru dalam pembelajaran membutuhkan alat seperti komputer atau laptop dalam pembelajaran. Bahkan menggunakan telepon genggam/ HP sebagai media yang digunakan fungsinya untuk mengakses aplikasi yang dibuat dengan tujuan pendidikan.

Beberapa contoh media berbasis digital yang biasa digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar antara lain: Internet, Google Maps, Youtube, Microsoft Office, Microsoft Excel, Edmodo, dan lainnya.

Prinsip Penggunaan Media Pembelajaran

  1. Memahami karakteristik peserta didik, menentukan tujuan pembelajaran.
  2. Media pembelajaran sebagai sarana motivasi peserta didik, guru memiliki peran sangat banyak dalam proses belajar mengajar. Guru wajib mengetahui tips-tips memotivasi peserta didik.
  3. Media pembelajaran sebagai sarana untuk membantu guru dalam menjelaskan materi atau membantu peserta didik dalam memahami topik/ materi yang sedang dipelajari.
  4. Media pembelajaran sebagai tingkat penguasaan guru terhadap materi yang disampaikan dengan menggunakan media pembelajaran yang sudah benar-benar tepat sesuai dengan materi dan terutama sudah dikuasai oleh guru.

Oke guys dalam pembahasan kali ini cukup ini dulu next kita lanjut pembahasan yang lebih menarik dan tentunya bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca artikel kami.

Baca juga artikel kami lainnya

Lutfi Haryanti

2 komentar di “Macam-Macam Media Pembelajaran Beserta Prinsip Penggunaanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas