CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

     

Guru Profesional Model-model pembelajaran

Haii sobat-sobat tercintaku jangan bosan-bosan untuk membaca artikel ini ya!
Baiklah dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang Model-Model Pembelajaran.

Sebelumnya baca juga materi sebelumnya.

Model pembelajaran

Saya akan menjelaskan secara detailnya mulai dari Pengertian Model Pembelajaran, Ciri-ciri Model Pembelajaran, Macam-macam Model Pembelajaran serta Fungsi adanya Model Pembelajaran.

A. Pengertian Model Pembelajaran

Menurut Wikipedia “Model Pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru serta segala fasilitas yang tekait digunaka secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar”.

Adapaun definisi-definisi model pembelajaran dari beberapa menurut para ahli yang perlu kalian ketahui:

  • Menurut Trianto (2010) “model pembelajaran merupakan suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dikelas atau pembelajaran dalam tutorial” .
  • Menurut Sukmadinata & Syaodih (2012) “model pembelajaran merupakan suatu rancangan (desain) yang menggambarka proses rinci penciptaan situasi lingkunga yang memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran agar terjadi perubahan atau perkembangan diri peserta didik.

Jadi dapat saya simpulkan bahwa Model Pembelajaran merupakan rancangan keseluruhan aspek yang digunakan dalam berlangsungnya proses belajar mengajar oleh guru. Mulai dari awal perancangan yang akan digunakan nanti saat akan mengajar, pengembangan dari kelanjutan perancangan tersebut, pengaplikasian saat proses mengajar, sampai evaluasi dari akhir hasil pembelajaran.

B. Ciri-Ciri Model Pembelajaran

Ciri-ciri model pembelajaran beberapa ahli ada juga yang berpendapat, akan tetapi dalam pembahasan ini saya akan menjelaskan hanya menurut Hamiyah & Jauhar (2014) yang ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar tertentu.
  2. Mempunyai misi atau tujuan pendidikan.
  3. Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan pembelajaran di kelas.
  4. Memiliki perangkat bagian model.
  5. Memiliki dampak sebagai akibat penerapan model pembelajaran baik langsung maupun tidak langsung.

C. Macam-macam Model Pembelajaran

Dalam pembahasan kali ini saya akan menyampaikan beberapa model pembelajaran yang bisa diterapkan guru saat proses pembelajaran. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Model Pembelajaran Koperatif atau sering kali disebut dengan CL (Cooperative Learning). Dimana pembelajaran koperatif ini adalah kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerja sama saling membantu dalam menyelesaikan persoalan, dan diharapkan peserta didik mampu memahami materi secara mendalam.
  2. Model Pembelajaran Kontekstual (CTL ? Contextual Teaching and Learning).Model pembelajaran tipe ini disampaikan dengan sajian tanya jawab secara lisan, guru memberikan beberapa pertanyaan dan peserta didik diharapkan mampu menjawabnya sesuai dengan pendapatnya. Dan peserta lainnya di harapkan mendengar, serta mencatatnya materi yang dianggap penting.
  3. Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBL/ Problem Based Learing). Model pembelajaran ini diterapkan dengan guru memberikan suatu persolan yang harus dipecahkan atau peserta didik harus mencari penyelesaiannya dengan guru membaginya menjadi beberapa kelompok kecil. Peserta didik diharapkan mampu berpikir tingkat tinggi
  4. Model Pembelajaran tipe Quiz. Model pembelajaran ini guru memberikan quiz kepada siswa, baik secara berkelompk maupun individu. Pembelajaran ini sangat baik untuk menumbuhkan semangat bersaing dengan sehat dan apabila peserta didik mampu menjawab quiz maka peserta didik akan mendapatkan reward dari guru.
  5. Model Pembelajaran Picture and Pictures. Pembelajaran ini disajikan guru dngan menggabungkan materi dengan memperlihatkan gambar yang berkaitan dengan materi saat itu yang sedang dibahas. Dengan cara guru menanamkan konsep sesuai materi bahan ajar, penyimpulan, serta evaluasi.
  6. Model Pembelajaran Inquiry. Model pembelajaran ini menekankan proses belajar peserta didik lebih kritis, mampu berfikir sendiri menemukan sendiri jawaban atas persoalan yang telah diberikan guru secara mandiri.
  7. Model Pembelajaran Espositori. Model pembelajaran ini menekankan proses penyampain materi langsung dari seorang guru kepada sekolompok kecil dalam kelas supaya peserta didik mampu mengusai materi secara optimal. Dalam pembelajaran ini guru harus memberikan penjelasan atau menerangkan kepada peserta didik dengan menggunakan metode berceramah.
  8. Model Pembelajaran Quantum Learning. Pada model pembelajaran ini menggunakan berbagai cara untuk membuat pembelajaran agar lebih cepat mudah untuk dipahami oleh peserta didik. Pada pembelajaran ini guru melibatkan peserta didik secara langsung untuk mendemonstrasikan materi saat pembelajaran berlangsung dan guru mengiringinya dengan motivasi/ yel-yel agar suasana pembelajaran lebih aktif.

D. Fungsi Model Pembelajaran

Fungsi adanya model pembelajaran adalah sebagai pedoman dalam perancangan hingga pelaksanaan proses pembelajaran yang digunakan seorang pendidk agar lebih mudah dalam melakasakan pembelajaran.
Oleh karena itu guru itu harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran karena akan sangat berpengaruh terhadap suasa kelas, hasil akhir yang dicapai, serta perkemabangan kemampuan peserta didik.

Tetap stay tune dengan artikel kami selanjutnya sobatku. Dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya semoga dapat bermanfaat bagi saya sendiri ataupun sobat-sobatku yang telah menyenggangkan waktu untuk membaca artikel kami.

 

Lutfi Haryanti

Satu komentar di “Guru Profesional Model-model pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas