CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

     

Guru Profesional – Metode yang tepat dalam proses pembelajaran

Hallo sobatku kita next pembahasan yang sebelumnya, pembahasan akan terus berlanjut yang berkaitan dengan Guru Profesional.

Sebelumnya alangkah baiknya membaca dulu artikel yang berkaitan dengan topik pembahasan kali ini.

Baiklah sekarang Lanjuttttt..
Metode pembelajaran

Jadi keberhasilan seorang guru dalam proses belajar mengajar pastinya harus sesuai dengan metode dan teknik yang tepat. Guru Profesional pastinya menggunakan metode dan teknik yang tepat dalam proses pembelajaran. Maka dari pada kalian bingung dengan istilah metode pembelajaran mari kita pelajari bersama-sama.
Next mari kita mengenal terlebih dahulu apa sih metode belajar itu? Dan Teknik itu sendiri apa?
Oke sobatku lansung saja Metode itu sendiri artinya suatu cara yang tersusun secara sistematis untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Jadi dapat disimpulan bahwa metode pembelajaran adalah suatu cara yang digunakan untuk mempermudahkan pelaksanaan proses pembelajaran yang berupa langkah-langkah yang tersusun secara sistematis dan efektif agar dapat tercapainya hasil yang positif pada peserta didik.
Sedangkan Teknik adalah cara yang dilakukan seseorang dalam menerapkan suatu metode.
Jadi kesimpulannya metode dan teknik pembelajaran itu berbeda. Metode pembelajaran lebih bersifat tersusun, yaitu berisi tahapan tertentu, sedangkan teknik adalah cara yang digunakan yang bersifat penerapannya.
Maka dari itu dalam proses belajar memerluan metode-metode khusus yang pastinya untuk mencapainya suatu tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Dan untuk lebih detailnya metode pembelajaran itu sebenarnya ada banyak macamnya tapi pada pembahasan kali ini saya hanya akan memapaparkan beberapa metode pembelajaran yang sering diterapkan pada saat proses pembelajaran, diantaranya yaitu:

  1. Metode Ceramah

    Metode Ceramah

    Metode ceramah yaitu menyampaikan materi belajar secara lisan. Seorang guru menerangkan secara langsung didepan peserta didik. Metode ceramah ini merupakan metode paling praktis dan ekonomis dalam proses pembelajaran. Akan tetapi metode ini juga memiliki kelemahan dan kelebihan.

    a. Kelemahan metode ceramah yaitu: Siswa menjadi pasif, karena proses belajar membosankan dan kebanyakan siswa mengantuk.
    b. Kelebihan metode ceramah yaitu: Mendorong siswa untuk menjadi lebih fokus, guru dapat mengendalikan suasana kelas secara langsung, dapat diikuti oleh jumlah siswa yang banyak.

  2. Metode Diskusi

    Metode diskusi

    Metode diskusi yaitu menyapaian materi dengan cara guru memberikan suatu permasalahan yang harus diselesaikan oleh peserta didik dengan menjadikan beberapa kelompok kecil. Namun metode diskusi ini juga memiliki kelemahan dan kelebihan.

    a. Kelemahan metode diskusi: Tepat digunakan untuk kelompok kecill, lebih dikuasa oleh siswa yang lebih aktif berbicara.
    b. Kelebihan metode diskusi: Memberikan pemahaman ke peserta didik bahwa setiap permasalah pasti ada penyelesaiannya, siswa mampu berfikir kritis, memberikan kesempatan peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya.

  3. Metode Demonstrasi

    Metode Demonstrasi

    Metode demonstrasi yaitu penyampaian materi dengan menggunakan benda atau membutuhkan bahan ajar tambahan saat pembelajaran. Biasanya metode demontrasi dilakukan dengan melakukan suatu praktikum agar peserta didik lebih tertarik apa yang diajarkan gurunya. Namun metode demonstrasi ini juga memiliki kelemahan dan kelebihan.

    a. Kelemahan metode demonstrasi: Tidak semua materi bisa menggunakan metode demonstrasi hanya sebagian kecil yang bisa di praktekkan, guru harus benar-benar paham agar mampu mendemonstrasikan dengan baik.
    b. Kelebihan metode demonstrasi: Peserta didik mampu memahami secara jelas tentang suatu proses atau cara kerja suatu benda, penjelasan guru lebih mudah dimengerti peserta didik.

    Jadi penggunaan metode oleh guru dalam pembelajaran sangat penting, karena apa ketepatan dalam memilih metode pembelajaran sangat berpeluang terciptanya kondisi kelasyang kondusif. Oleh karena itu guru yang profesional diharuskan mampu memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondis kelas saat belajar.

    Sementara untuk pembahasan kali ini tentang metode-metode yang digunakan guru saat proses pembelajaran. Semoga degan membaca pembahasan ini kalian akan lebih paham lagi. Tunggu pembahasan selanjutnya ya sobatku.

    Yang belum mengenal kita bisa cek laman di bawah ini.
    Tentang CoretanTeknis.com

Lutfi Haryanti

Satu komentar di “Guru Profesional – Metode yang tepat dalam proses pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas