CoretanTeknis

Berbagi Corat Coretan Pengetahuan berdasarkan Ilmu dan pengalaman.

Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Anak

 

Prestasi merupakan suatu kebanggaan bagi para orangtua sebagai hadiah terindah dari anaknya.  Anak yang memiliki prestasi yang baik tentunya membuat orangtua merasa bahagia sekali atas mencapaian anaknya atas pendidikan yang telah dicapainya.

Disisi lain prestasi yang diperoleh anak tidak datang dengan sendirinya pastinya adanya dukungan dari orangtua itu sendiri, atau keinginan yang tinggi dari dalam diri anaknya itu sendiri.

Meningkatkan prestasi seorang anak itu tidaklah sangat mudah. Hal ini mengingat mood dari seorang anak yang akan cepat berubah-ubah. Oleh sebab itu adanya  beberapa cara atau metode yang dapat digunakan orangtua atau gurunya dalam meningkatkan  prestasi belajar anak yang dapat diterapkan disekolah maupun dalam kehidupan sehari-harinya anak.

Berikut beberapa cara yang dapat meningkatkan prestasi anak yang akan saya bahas pada artikel kali ini yang dapat diterapkan oleh orangtua atau guru dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

1.Menjadikan Anak Aktif

Anak yang aktif sangatlah disenangi orangtua dan guru. Dalam proses belajar anak yang aktif tidak hanya menerima apa yang telah disampaikan oleh gurunya akan tetapi anak yang aktif akan lebih banyak bertanya tentang sesuatu apa yang belum ia ketahua. Rasa ingin tahunya pada anak yang aktif akan lebih tinggi sehingga ia akan bertanya kepada guru atau orangtuanya. Bahkan anak yang aktif juga tak jarang akan lebih banyak menjawab dari pertaanyaan-pertanyaan yang diajukan gurunya. Maka dari itu guru akan lebih menyukai anak-anak yang aktif tapi sebagai guru juga harus mampu membuat anak yang kurang aktif membuat anak agar lebih aktif saat berada di dalam kelas maupun diluar kelas.

Mendidik anak agar menjadi anak yang aktif dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Karena hal ini anak yang aktif dalam proses belajar maka ia akan lebih banyak mendapatkan ilmu dari pada anak yang tidak aktif karena rasa ingin tahunya yang tinggi. Selain itu anak yang aktif akan sangat disukai dalam proses belajar mengajar.

2. Memberikan Cara Belajar yang Beragam/ Tidak Monoton

Cara meningkatkan prestasi belajar anak selanjutnya adalah dengan menerapkan metode belajar yang beragam tidak monoton itu-itu saya harus lebih banyak variasinya agar anak tidak cepat mudah bosan dan mengantuk. Guru atau orangtua dengan adanya menerapkan metode belajar yang beragam akan membuat anak merasa bahwa belajar itu juga menyenangkan tidak membuat anak merasa tertekan saat belajar . Sehingga akan membuat anak akan lebih suka untuk belajar disekolah ataupun saat berada dirumah.

3. Memberikan Hadiah/ Reward atas Prestasi yang telah di capai Anak

Jika anak memang telah mendapatkan prestasi dalam belajar. Misalnya saja anak disekolah telah mendapatkan juara kelas maka sangatlah dianjurkan bagi orangtua untuk memberikan semacam hadiah baik itu berupa hadiah sekecill apapun itu atau memberikan hadiah yang sedang anaknya inginkan atau bisa juga sesuatu yang anak sukainya sebagai tanda bahwa orantua telah bangga terhadap anak.

Disisi lain dengan memberikan hadiah yang dilakukan orangtua dapat menjadikan salah satu pemicu anak akan lebih semangat dan giat terus dalam meningkatkan prestasi belajarnya disekolah dan ia akan merasa senang karena telah diberikan hadiah oleh tuanya.

4. Mendukung Anak dalam Belajar

Caraa meningkatan prestasi belajar anak yang keempat adalah orangtua ataupun guru haruslah memberikan dukungan. Dukungan itu bisa berupa motivasi, bahkan dukungan suasana yang yang kondusif satat anak belajar.  Dukungan dari orangtua sangatlah berperan bagi anak untuk berprestasi disekolah. Dengan adanya dukungan yang positif dari orangtua anak akan merasakan diperhatikan dan ini akan menjadikan anak giat untuk belajar.

Memberikan dukungan tidak perlu dengan hal-hal yang besar, misalnya saja perhatian orangtua menanyakan pekerjaan rumahnya sudah selesai atau belum, belajar disekolahnya tadi menyenangkan atau tidak, sehingga dapat membuat anak termotivasi untuk belajar lebih rajin.

5. Menerapkan Metode Bermain dan Belajar

Kenyataanya bahwa seorang anak memanglah sangat senang sekali untuk bermain dan belajar. Namun faktanya hampir semua waktu dimasa anak-anak lebih banyak dihabiskan untuk bermain bersama teman-temannya. Maka dari itu alangkah pentingnya yang harus dilakukan guru adalah mengajak anak untuk bermain sambil belajar.

Penerapan cara belajar sambil bermain ini telah lama digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jadi saat pelajaran sudah dimulai guru juga harus mengajak anak untuk bermain di sela-sela waktu belajar agar anak tidak merasa bosan dan mengantuk. Seorang anak mudah untuk bosan saat belajar maka dari itu tugas guru juga harus mampu mebuat kondisi kelas yang nyaman, dan menyenangkan.

Baca juga artikel kami.

6. Memberikan Solusi pada Anak

Cara meningkatkan prestasi belajar anak selanjutnya adalah memberikan solusi. Terkadang anak merasa kesulitan untuk mengerjakan tugas belajarnya. Disini peran orangtua diharapkan mampu memberikan solusi pada anak, orangtua tidak dipaksakan untuk menemukan solusi akan tetapi cukup dengan memberikan solusi pada anak. Bisa jadi solusi yang diberikan orangtua berikan bisa menjadi pemicu anak untuk bersemangat lagi dalam belajarnya dan berprestasi disekolah. Karena seorang anak menyadari bahwa orangtua selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya.

7. Adanya Intermezo dalam Belajar

Dalam proses belajar dan mengajar juga diperlukan sedikit hiburan dan selingan. Tujuan dari intermezo atau hiburan ini bertujuan untuk merilekskan sejenak pikiran anak saat belajar. Belajar merupakan kegiatan yang banyak memerlukan otak untuk berpikir. Misalnya saja guru memberikan hiburan dengan memberikan cerita pendek yang lucu.

Jadi anak tetap santai dan tenang dalam belajar diperlukan juga sedikirt intermezo. Dengan adanya intermezo anak akan tertawa kembali dan keadaan menjadi ceria kembali

8. Membantu Mengembangkan Bakat Anak

Setiap anak terlahir dengan bakat-bakat yang berbeda. Ada anak yang berbakat menggambar, olahraga, hitungan, dan teori. Bakat setiap anak sudah ada sejak ia lahir. Jadi tugas guru dan orangtua adalah untuk melihat bakat anak dan membantu untuk mengembangkan bakat tersebut.

Dengan mengembangkan bakat yang sudah dimiliki dalam diri anak, maka tidak akan terlalu sulit untuk meningkatkan prestasi belajar anak. Karena anak-anak sangat senang sekali untuk melakukan apa yang yang mereka sukai yang salah satunya itu merupakan bakat yang dimilikinya.

9. Jujur Pada Anak

Cara meningkatkan prestasi belajar anak selanjutnya adalah dengan jujur pada anak. Disini sebagai orantua ataupun guru haruslah jujur tentang apa saja yang mereka rasakan. Karena pada dasarnya anak-anak memang selalu berkata jujur. Jadi anak akan bercerita perihal rasa belajar yang dirasakannya.

Dengan ini tugas orangtua dan guru bisa melihat apa saja kendala yang dialami anak saat belajar dan juga apa yang bisa membuatnya termotivasi saat belajar.  Dengan ini maka orangtua dan guru ini cobalah lebih banyak membuat anak menjadi lebih termotimavasi.

10. Memberikan Pujian atas Prestasi Anak 

Setiap anak senang untuk dipuji begitu mereka mendapatkan prestasi yang meningkat dari prestasi sebelumnya. Pujian yang diberikan oleh orangtua mampu menambah semangat anak dalam belajar dalam meningkatkan prestasi. Namun orangtua usahakan memberikan pujian yang tulus pada anak. Karena meskipun masih kecil anak juga dapat membedakan mana pujian tulus dan tidak.

11. Menciptakan suasana Belajar yang Menyenangkan 

Menciptakan suasana belajar memang sangat penting, karena suasana juga ikut mempengaruhi anak dalam menerima pelajaran yang disampaikan. Jika suasana belajar yang menyenangkan maka akan sangat mudah bagi anak untuk menerima pelajaran yang disampaikan guru.

Pelajaran yang mudah diterima anak dapat membuat prestasi belajar disekolah meningkat. Selain itu suasana belajar yang menyenangkan juga mendukung segala kelancaran dalam proses belajar mengajar.

Itulah beberapa cara untuk meningkatkan prestasi belajar bagi anak. Orangtua dan guru berikanlah yang terbaik bagi anak-anak agar mereka merasa bersemangat untuk belajar.

Dan terima kasih untuk sobatku telah membaca artikel kami, jangan lupa baca artikel kami lainnya.

 

Lutfi Haryanti

2 komentar di “Cara Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Anak

  1. magnificent points altogether, you simply gained a new reader. What would you recommend about your publish that you made some days in the past? Any positive? Nikkie Angelico Coh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas